5 Makanan Khas Sidoarjo Wajib di Coba

Banyak makanan khas Sidoarjo yang terkenal dan harus dicoba. Mulai dari makanan berat hingga kue, semuanya enak dan unik!

Salah satu kota terbesar di Jawa yang menghasilkan bandeng, Sidoarjo pasti memiliki berbagai jenis bandeng, seperti bandeng asap, bandeng presto, hingga otak-otak bandeng.

Karena rasanya yang gurih dan tidak mudah hancur saat dimasak, bandeng biasanya disukai oleh semua orang. Bandeng adalah ikan kelas menengah ke atas jika dilihat dari segi harga.

Makanan Khas Kabupaten Sidoarjo

Berikut adalah beberapa makanan khas Sidoarjo yang harus Anda coba jika Anda berada di Sidoarjo.

1. Bandeng Asap Sidoarjo

Di Sidoarjo, bandeng asap sudah sangat populer. Itu wajar mengingat sejarah Sidoarjo. Salah satu oleh-oleh khas Sidoarjo adalah bandeng asap. Walaupun tidak disimpan dalam kulkas, bandeng asap Sidoarjo tetap bertahan lama.

2. Lontong Kupang Sidoarjo

Lontong Kupang adalah makanan khas Sidoarjo yang dibuat dengan berbagai isian, seperti kupang lentho dan lontong, lalu disiram dengan kuah kupang yang lezat.

Yang belum tahu, lentho adalah olahan kacang tolo yang bentuknya mirip perkedel. Kupang, di sisi lain, adalah kerang laut yang berwarna putih dan berukuran cukup kecil.

Petis dan bawang putih membuat makanan ini unik. Untuk menambah kesegaran, tambahkan jeruk nipis.

3. Sate Kerang Sidoarjo

Selain daging ayam, sapi, atau kambing, ada juga sate kerang khas Sidoarjo. Daging kerang segar dengan bumbu kecap dan kacang dijamin bikin ketagihan.

Sate kerang sudah lama dikenal di Sidoarjo dan disukai oleh semua orang. Biasanya disajikan dengan Kupang Lontong sebagai pelengkap, tetapi Anda juga bisa makan dengan nasi jika ingin.

4. Kue Lumpur Bakar

Kue lumpur bakar adalah kue basah khas Sidoarjo dengan tekstur lembut dan lembek. Cita rasanya unik karena proses pembakarannya.

Ada dua rasa kue lumpur bakar: rasa original dan rasa kelapa. Coba rasanya dan beli oleh-oleh Sidoarjo.

5. Wader Kriuk

Wader Kriuk adalah makanan khas Sidoarjo yang terakhir. Namanya berasal dari ikan wader yang digoreng sampai garing. Wader adalah jenis ikan kecil yang hidup di air tawar.
Wader Kriuk paling enak dimakan bersama sambal. Rasanya yang gurih cocok dengan sambal yang pedas. Jajanan ini pasti akan membuat Anda ketagihan.

Wader Kriuk tahan lama, jadi jangan ragu untuk memberikannya sebagai oleh-oleh!

Sedap Sedep Catering Menawarkan Jasa Catering Sidoarjo Dengan Rasa Premium

Sedap Sedep Catering Sebagai salah satu jasa catering surabaya, catering sidoarjo berkomitmen untuk memberikan pengalaman kuliner yang tak terlupakan bagi para customer. Bagi anda yang sedang mencari jasa catering pernikahan terbaik khusus daerah Surabaya dan sekitarnya, anda bisa menghubungi CS kami di Sedap Sedep Catering

Leave a Comment